Mencoba Kobe beef di Steak Land Kobe

Sebenarnya tahun ini adalah kali kedua saya mengunjungi Kobe. Trip pertama saya ke luar negeri adalah mengikuti konferensi di Kobe tahun 2005. Tapi tahun segitu saya masih lugu, tidak ada pikiran sama sekali untuk extend trip saya biar bisa jalan-jalan setelah konferensi. Ikut saja tanggal pergi dan pulang  yang ditentukan oleh kantor. Padahal dari jatah 15 hari visa harusnya bisa jalan-jalan barang 3 atau 4 hari. Saya cuma sempat ke Osaka Castle dan setelah itu pulang lagi ke Kobe. Di Kobe pun kerjaan saya cuma mengikuti konferensi dari pagi sampai malam. Makanan yang saya coba cuma okonomiyaki dan lagi-lagi nasi kari. Tidak mencoba makan sushi dan sashimi, apalagi mencoba kobe beef. Mahal banget soalnya, dengan duit pas-pasan manalah kepikiran buat mencoba. Jaman segitu, travel blogger belum ada. Pun informasi soal Kobe di internet juga terbatas.

Makanya tahun ini, saya ngotot menyelipkan sehari untuk menengok Kobe. Dan yang terpenting, mencoba kobe beefnya. Setelah googling sana sini, akhirnya saya memantapkan niat untuk mencoba Kobe beef di Steak Land. Alasan pertama adalah harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan restoran lain yang menjual Kobe beef, alasan lainnya adalah karena lokasinya dekat dengan Sannomiya Station yang menjadi salah satu tujuan kereta dari Osaka.

Saya naik kereta dari Osaka station menuju Sannomiya dengan kereta JR Tokaido-Sanyo Line, setelah sebelumnya menaruh koper saya di loker stasiun.  Sekitar 30 menit, kereta sampai di Sannomiya. Walaupun katanya lokasinya di depan stasiun sannomiya ternyata saya masih nyasar juga. Lokasi steakland memang persis di depan stasiun sannomiya tapi bukan di depan stasiun JRnya. Lebih tepatnya, di dekat exit stasiun subwaynya. Setelah mondar-mandir nyasar, akhirnya saya sampai juga di sana.

Dari kejauhan sudah kelihatan papan nama Steak Land

Dari kejauhan sudah kelihatan papan nama Steak Land

Jangan dikira antriannya cuma segitu. Di belakangnya masih panjang.

Jangan dikira antriannya cuma segitu. Di belakangnya masih panjang.

Saya sampai di sana sekitar jam 11.30, dan langsung antri. Nampaknya memang Steak Land Kobe ini terkenal di kalangan turis, karena rata-rata yang mengantri adalah turis yang sepertinya tahu soal Steak Land dari internet. Meskipun ada antrian, tetapi antriannya bergerak lumayan cepat. Sekitar 10 menit kemudian saya sudah disuruh untuk masuk ke dalam. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah lebih baik mengambil paket lunchnya yang berlaku dari jam 11 – jam 2 siang. Harga termurah untuk makan di Steak land adalah small steak lunch seharga 1,080 yen, tetapi dagingnya bukan kobe beef. Pastikan untuk memesan kobe beef steak dengan harga termurah 3,180 yen untuk paket lunch dengan kobe beef seberat 150 gram.

Menu lunch di Steak Land

Menu lunch di Steak Land

Menu Steak Land selain paket hemat

Menu Steak Land selain paket hemat

Ini paket steak biasa

Ini paket steak biasa

Saya ditaruh di dekat pintu masuk. Jadi bayangkan tatapan orang-orang yang antri di luar melihat saya sibuk jepret kamera daripada makan setiap kali pintu terbuka.

Saya ditaruh di dekat pintu masuk. Jadi bayangkan tatapan orang-orang yang antri di luar melihat saya sibuk jepret kamera daripada makan setiap kali pintu terbuka.

Saya memilih untuk membeli paket Kobe beef steak set dengan berat 200 gram. Pertimbangannya sih, kapan lagi nyobain Kobe beef. Kan lebih baik menyesal membeli daripada menyesal tidak membeli. Tidak berapa lama datanglah nasi, salad, saus ponzu dan kuah miso beserta air es.

lunch set

lunch set

Ternyata kita diharapkan memakan salad ini terlebih dahulu. Tidak lama, chefnya datang membawa daging beserta tauge dan ditunjukkan kepada tamu. Saya sempat mengira punya saya, ternyata itu punya tetangga sebelah yang memesan 2 porsi steak.

punya tetangga sebelah. steak lunch untuk dua orang

punya tetangga sebelah. steak lunch untuk dua orang

Tak lama kemudian punya saya datang, kobe beef seberat 200 gram. Kelihatan marbling dari daging ini. Punya saya juga ada taugenya, tapi entah kenapa dipisah.

Kobe beef seberat 200 gram

Kobe beef seberat 200 gram

chefnya beraksi

chefnya beraksi

Di tahap awal, yang dimasak adalah jamur shimeji, zucchini, bawang putih goreng dan konnyaku jelly. Setelah menaruh tumisan ini, selanjutnya barulah menaruh kobe beef untuk dimasak.

proses memasak Kobe beef

proses memasak Kobe beef

Kobe beef minus tauge dan bok choy yang baru disusulkan kemudian

Kobe beef minus tauge dan bok choy yang baru disusulkan kemudian

Setelah mencicipi ini, rasanya menurut saya enak. Memang lebih lembut daripada steak biasa yang sering saya makan. Tidak perlu susah payah mengunyah daging ini, 200 gram juga sudah membuat saya kekenyangan. Tapi kalau setelahnya membuat saya ogah mencicipi steak lain sih tidak juga. Mungkin karena ini kobe beef versi murah ya. Entah kalau mencoba Kobe beef grade yang lebih tinggi.

Makan di sini membuat saya harus mengorek kantong sedalam-dalamnya. Dan ini menjadi pengeluaran terbesar untuk makanan selama di Jepang. Kobe beef steak set ini dihargai 4,480 yen (sebelum pajak), saya membayar sekitar 4700 yen untuk menu ini.

Steak Land Kobe

〒650-0021 Hyogo Prefecture, Kobe, Chuo Ward, Kitanagasadori, 1−8−2, 宮追ビル
buka: 11.00 – 14.00, 17.00 – 22.30 (weekdays)

16 thoughts on “Mencoba Kobe beef di Steak Land Kobe

  1. Bikin ngiler XD

    Btw, kantor tempat saya bekerja kadang mengirim saya ke tempat-tempat tertentu (sayangnya, lokal) yang kadang menarik. masalahnya, ga bisa extend karena buntutnya bakal panjang terkait administrasi

  2. Dulu, waktu aku kuliah di UGM, lolos terpilih untuk mengikuti seminar ke Kobe Univ. tapi karena aku juga lolos ke Swedia, jadi harus milih salah satu…akhirnya aku pilih Swedia…
    Hope one day bisa kesini..salam kenal ya 🙂

  3. 2005 aku bukan hanya lugu tapi aku polos dan imut pake seragam putih biru #laluDigampar
    eh makan di jepang mmg mahal semua yaaa, waktu kapan lalu ke jpg, aku beli makan nya kalo udah malam nunggu diskon hahaha

  4. Kakak paket yang kakak pesen itu ada seafoodnya gak? Kalo gak ada, paket yang sama seafoodnya itu paket apa ya? Thankyou

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s