Dapat apa?

itu pertanyaan yang sering ditanyakan banyak orang ke saya. “Dapat apa kamu dari ngeblog?” Terutama beberapa orang yang melihat untung rugi dari suatu hal. Jujur saja, bisa dikatakan tidak ada keuntungan materi yang saya dapatkan dari ngeblog karena saya memang tidak mencari uang dari sini.

Tapi buat saya pribadi, tidak semua hal bisa diukur dengan uang. tidak semua hal harus dikonversikan menjadi uang. karena yang saya dapat dari sini tidak bisa diukur dengan uang karena nilainya melebihi uang.

sebagai contoh, kemampuan saya bersosialisasi dengan orang lain jauh membaik. memang selama ini saya bersosialisasi dengan banyak orang, tapi karena pekerjaan. jarang saya bersosialisasi karena saya memang ingin. dan sebagai akibatnya saya bagaikan katak dalam tempurung. merasa diri paling hebat dan yang paling parah tergantung pada satu orang. menurut saya itu kondisi yang menyedihkan dan harus diperbaiki. sekian lama saya mencari cara untuk memperbaiki diri saya, akhirnya saya berhasil setelah banyak bertemu orang baru terutama anak-anak wongkito dan kopdarjakarta.

berlebihan? mungkin saja. tapi ini satu hal lagi. saya menjadi terbiasa untuk menuangkan pikiran saya ke dalam tulisan walaupun niatan saya untuk memperbaiki bahasa inggris saya sepertinya belum berhasil juga *sigh*. Dan saya juga belajar untuk berargumentasi dengan cerdas dan belajar untuk mendengarkan orang lain. melalui blog juga pengetahuan saya bertambah karena saya jadi terbiasa membaca tulisan-tulisan orang lain mengingat ada seribu lebih blog yang saya langgani walaupun tidak semuanya bisa dikomentari. – soal kenapa saya tidak komentar ini mungkin bisa dibuat menjadi tulisan lain-.

Kalau saya kebetulan pergi ke kota lain, saya tidak perlu khawatir karena biasanya ada saja blogger yang bisa ditemui dan syukur-syukur bisa menjadi pemandu jalan selama di sana.

Dan yang terpenting adalah, ngeblog membuat saya tetap waras walaupun masalah selalu saja ada dalam hidup saya.

Itu yang saya dapat dari blog. Bagaimana dengan anda?

69 thoughts on “Dapat apa?

  1. Dapat apa dari Ngeblog …?
    Secara material … ya mungkin hanya satu dua buku hadiah dari para nara blog … juga satu dua tali asih dari para nara blog

    Disini saya juga banyak mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru …

    Namun yang jauh lebih penting dari itu semua adalah … Saya mendapatkan “aliran hangat” hasil dari silaturahmi antar para teman nara blog …

    Dan aliran hangat itu bernama … “kebahagiaan pertemanan …”

    Salam saya

  2. @edratna
    saya juga senang bisa kenal ibu dan mendapat banyak pengalaman yang bermanfaat dari blog ibu

    @indra1082
    setuju…

    @ofaragilboy
    salah satu untungnya juga adalah ketemu banyak orang baru.
    salam kenal juga…

    @bakulrujak
    seringkali saya mendapat bloger yang beradu argumen di blognya dan blog orang lain. dan saya belajar banyak dari mereka.

    @eMina
    saya juga jadi kenal Mina….

    @rere
    terima kasih pak…

    @Neng Ika
    baik ka… pantesan sekarang Ika rajin banget nulis di blog

    @zee
    karena ngeblog bisa mengalihkan saya dari masalah saya

    @Komunitas penyakit aneh
    salam kenal juga.

    @Billy
    dan bisa foto bareng piala dunia
    *masih iri*

    @nh18
    silaturrahmi memang adalah satu hal yang membuat kegiatan ngeblog jadi berarti
    *berharap suatu saat bisa ketemu om nh*

  3. Iya, teman2 sy sering nanya hal yang sama, yang ujung2nya mereka pasti nanya “kita bisa dapat uang g dari blog”
    blog jdi media utk mencari uang tambahan sih mungkin2 saja…..tapi bukan hal itu yang membuat para blogger “ketagihan” untuk terus ngeblog…..banyak hal positif deh yg kita dpt klo kita ngeblog…….

  4. salam kenal,

    banyak hal yang saya dapet dari dunia blog, mungkin yang paling penting adalah wawasan, dunia blog menambah wawasan saya. Selain itu dunia blog adalah dunia baca tulis, dan menurut saya itu bagus untuk “kesehatan” pendidikan πŸ™‚

  5. Dapet apa?

    Dapet temen,

    Dapet punya beranda dimana temen-temen blogger bisa mampir kapan aja.. 24/7 (walo yang punya ga ada) dan saya juga mampir ke beranda-beranda para blogger.. kadang untuk tahu kalo saya ga *aneh* sendirian.. soalnya kalian aneh2 juga sih

    It’s priceless really πŸ™‚

  6. Kalo gak bisa dapet duitnya dari aktivitas ngeblog, kan bisa daoet yang laen; dpt temen baru, ilmu baru, sarana belajar menulis yang baik dan tentu saja….bisa eksis hehehe………………..

  7. hahahaha,,bener..bener…biasanya emang pertanyaan begitu suka muncul lho mas..dapet apa kamu???ya,kadang2 bingung juga sih jawabnya…habis gadapet apa2 wong cuma jalan doang..wekekeke… πŸ˜€

  8. Ping-balik: Anda bertanya, Ira menjawab | My Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s