Diet Mayo

Salah satu masalah di usia 30-an adalah metabolisme tubuh yang semakin jelek. kalau dulu pada saat remaja bisa makan apapun tanpa khawatir menjadi gemuk, yang terjadi sekarang adalah makan sedikit saja maka badan bisa menggendut. Apalagi lingkar pinggang. *lirik lingkar pinggang sendiri dengan sedih*. Saya juga termasuk orang yang malas berolahraga, dan merasa cukup dengan jalan kaki ke mana-mana. Jadi salah satu jalannya adalah dengan diet. Saya sempat mencoba South Beach diet dan gagal dengan menyedihkan karena cuma bertahan tiga hari saja. Dan sekarang mengingat lingkar pinggang yang semakin melebar, saya akhirnya mencoba untuk berdiet kembali. Kali ini saya mencoba diet mayo yang nampaknya sedang hits. Meskipun diet ini sendiri rupanya bukan berasal dari mayo clinic, tapi janji bahwa berat badan bakal turun dan lingkar pinggang mengecil cukup membuat saya tergoda.

Agar tidak mengulangi kegagalan diet terdahulu, saya memutuskan untuk memasak sendiri menu saya. Saya memasak di pagi hari sebelum berangkat karena jadwal makan terakhir adalah jam enam sore. Agar tidak terlambat, menu sore pun langsung dibawa supaya tetap bisa makan meskipun berada di jalan. Saya mengintip menu diet mayo di sini.

Aturan diet mayo adalah tidak ada garam sama sekali selama 13 hari, tidak boleh minum air es dan harus minum minimal 2 liter air. syarat lainnya adalah hanya makan makanan yang sudah ditentukan sebelumnya. Saya termasuk pencinta makanan gurih semacam chiki, dan mungkin itulah tantangan terbesar saya. selama 13 hari, menu yang dimakan adalah:

Hari I & VIII : Pagi 1 cangkir kopi tubruk/teh + 1 sdk gula pasir
Siang 2 telur rebus matang + 1 ikat bayam + tomat
Malam 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada yg ditaburi jeruk citrun

Hari II & IX Pagi 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir
Siang 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah segar (pear)
Malam 2,5 ons ayam kukus + 1 botol kecil yogurt tanpa gula

Hari III & X Pagi 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir
Siang 2 telur rebus matang + 1 ikat bayam + tomat + pear
Malam 2,5 ons ayam kukus + selada yang ditaburi jeruk citrun

Hari IV & XI Pagi kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir + 1 iris roti bakar
Siang 1 telur rebus + wortel rebus sebentar + keju wruyare 20 gr
Malam 1 mangkok penuh pepaya + citrun + 1 botol kecil yogurt 150cc

Hari V & XII Pagi 1 wortel besar mentah diparut kasar ditaburi jeruk citrun
Siang 2,5 ons ayam kukus dengan sedikit saus mentega yg tidak asin
Malam 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + bayam

Hari VI & XIII Pagi kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir + 1 iris roti bakar
Siang 2,5 ons ayam kukus + selada ditaburi jeruk citrun
Malam 2 telur rebus + wortel besar parut mentah ditaburi citrun

Hari VII Pagi 1 cangkir kopi tubruk/tea tanpa gula
Siang 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar (pear)
Malam Puasa

selain menu ini, tidak ada lagi yang bisa dimakan. lupakan garam, apalagi msg. gulapun sedikit saja. dan selama 13 hari dengan sedikit penyesuaian, inilah menu yang saya makan.

Hari pertama

Hari pertama

menu hari kedua

menu hari kedua

menu hari ketiga

menu hari ketiga

menu hari keempat

menu hari keempat

menu hari kelima

menu hari kelima

menu hari keenam

menu hari keenam

menu hari ketujuh. Menunya daging bakar saja. abaikan warna di foto ini. ini akibat kameranya jelek. *alesyan*

menu hari ketujuh. Menunya daging bakar saja. abaikan warna di foto ini. ini akibat kameranya jelek. *alesyan*

menu hari kedelapan

menu hari kedelapan

menu hari kesembilan

menu hari kesembilan

menu hari kesepuluh.

menu hari kesepuluh.

menu hari kesebelas

menu hari kesebelas

Menu hari keduabelas

Menu hari keduabelas

 menu hari terakhir

menu hari terakhir

ternyata benar, godaan terberat adalah tidak boleh menggunakan garam. Setelah program ini berakhir saya emoh memakan daun selada yang rasanya amit-amit pahitnya meskipun sudah diciprati lemon. Dada ayam juga saya jauhi karena rasanya yang hambar tidak ketulungan. akhirnya saya mengganti dada ayam dengan ikan tuna, yang juga hambar dan akhirnya diganti dengan ikan makarel. daging bakar juga terakhirnya rasanya benar-benar hambar. awal-awalnya saya patuh dengan tidak menggunakan bahan apa pun selain yang dituliskan di menu. akhirnya saya menggunakan bawang bombay, bawang putih dan sereh untuk membuat ikan kukus. salah satu menu yang membuat saya bahagia ketika memakannya adalah pepaya dan yoghurt.

Soal kenyang, selama melakukan diet ini saya tidak merasa kelaparan karena porsinya sebenarnya cukup, tapi rasa rindu untuk ngemil itu yang membuat saya sering merasa menderita *lebay* dan biasanya saya akhiri dengan meminum air putih banyak-banyak. saya hanya merasa lemas di hari kedua dan ketujuh. Selain itu rasanya biasa saja. Sempat juga berhalusinasi pengen makan ini-itu tapi tekad yang kuat membuat saya bisa menyelesaikan diet 13 hari ini. Kalau soal cheat, saya sempat terlambat makan satu kali karena makanannya tertinggal di rumah dan saya baru balik jam 7 malam. selain itu, pas hari-hari terakhir, saya sudah benar-benar malas makan daun selada sehingga saya lewati saja.

Hasilnya: berat badan saya berkurang 5 kg dan lingkar pinggang saya berkurang 5 cm. tapi saya tidak percaya dengan klaim yang mengatakan kalau setelah melakukan diet ini berat badan kita tidak akan naik lagi. dua minggu setelah diet ini berat badan saya naik lagi karena saya melakukan balas dendam dengan makan semua makanan yang tidak bisa dimakan selama melakukan diet ini. Jadi kesimpulan saya, kalaupun mau turun berat badan, selain diet olahraga teratur juga diperlukan. Selain itu, tidak perlu menyiksa diri. cukup atur pola makan dan kurangi asupan karbohidrat.

Selama melakukan diet ini, menunya selalu saya bagi di path saya. Salah seorang teman saya juga terinspirasi untuk melakukan diet ini. dan tidak hanya itu, akhirnya ia juga membuat catering diet mayo dengan harga yang lumayan terjangkau. Jadi kalau ada di Palembang dan mau melakukan diet mayo tapi tidak mau direpotkan dengan memasaknya. silakan kontak Kantin Biru Langit. email: birulangitplg@gmail.com dan HP: 085215481111

cek juga instagram mereka di @birulangitt, di sana selain menunya ada juga testimoni dari beberapa orang yang mengikuti program diet mayo mereka.

126 thoughts on “Diet Mayo

  1. Saya ikutan juga , tgl 1 Nov 1st d, semangat,, sampai hari ke 5 Lunch mulai Bete , apalagi makan selada Pahit bener … sengsara membawa sehat” gpp, lanjutkan, hari ini 7nov , Lemes pagi2 tapi masih sempet digodain suami, stop aja, diajak sarapan bareng , Heheheee, Tanggung Ahhhh, 6d to go , Bertahan terus, pdhl pengen juga stop dalam hati, menu ku lebi variasi dan lebi banyak buah. Bisa klik disini, menu2 diet mayo ku : http://instagram.com/lyhusni ( masak sendiri tiap pagi, hehehe )
    Day 7 berat badan 52.3 kg , normalnya 54.5 kg , targetnya 50 kecapai apa nga , just wait

  2. Sudah lama sy googling cri info diet yg baik setelah sy putuskan mau coba diet mayo,yg mau sy tanyakan
    1. Telurnya pake telur ayam atau bebek,soalnya telur bebek enak sih kuningnya hehehe?
    2. Ayam sm daging boleh nga sy masaknya di bumbuin pake serei,bawang,lada,pokoknya di tambhkan bumbu tp tanpa garam tentunya?
    3. Boleh nga di barengi dgn minum jus buah tanpa gula?apakah nga menganggu prosesnya nanti?
    4. Sy kan ikut yoga sm fitness klo dgn diet mayo ini apakah turun BB nya bakalan lebih cepat?
    Sementara itu dulu pertanyaanya hehehe sorry ya banyak?

    • Sebenarnya gak ada aturan baku tentang diet mayo karena asal diet mayo sendiri kan masih simpang siur, tapi akan saya coba jawab berdasarkan pengalaman saya.
      1. Dari beberapa aturan diet mayo yang saya baca semuanya memakai telur ayam, tapi mungkin bisa dicoba kalau mau pake telur ayam.
      2. Inti diet ini kan mengurangi garam. Kalau saya lihat beberapa catering diet mayo juga menggunakan berbagai bumbu. Jadi sepertinya tidak masalah asal jangan pakai msg. Tapi kalau mau sekalian detoks mendingan gak usah pake bumbu apa pun.
      3. Makan ataupun minum di luar jadwal tidak dianjurkan, kalaupun merasa haus atau lapar lebih baik minum air putih.
      4. Diet mayo disertai olahraga atau yoga dianjurkan, penurunan berat badan sepertinya lebih banyak kalau dengan olahraga. Mungkin yang perlu dipertimbangkan kemungkinan badan jadi lemas, jadi jangan memaksakan diri ketika berolahraga.
      Semoga jawaban saya bermanfaat. Saya juga bukan ahli tentang diet. Jadi kalau ada kekeliruan silakan diluruskan.

  3. kenapa disetiap menu yg saya baca utk sayur selalu bayam. apakah tdk boleh yg lain misalnya brokoli atw buncis atw yg lainnya. begitu juga buah…apa bisa diganti dgn apel, pepaya,jeruk atw semangka bukan pisang. apa sebaiknya tdk usah disebutkan nama sayur atw buahnya supaya org tdk salah pengertian. apakah buah atw sayur yg ditentuakn itu mempengaruahi proses diet itu sendiri sehingga klw tdk sesuai dgn buah atw sayur itu menjadi tdk efektif

    • Mbak Rere, sebenarnya tidak ada diet mayo yang baku. Mayo clinic sendiri tidak mengakui jenis diet ini. Jadi kalaupun mau diganti sayuran lain sepertinya tidak ada larangan. Kalau diperhatikan menu beberapa catering diet mayo, beberapa sayuran bisa diganti kok. Inti dari diet ini sebenarnya mengurangi garam dan juga msg.
      Soal kenapa semua menuliskan jenis sayuran secara spesifik mungkin karena petunjuk menu dari awalnya juga begitu, tapi tidak ada sanksi apapun kalau misalnya mau ganti jenis sayurnya, asalkan tetap tidak menggunakan garam.
      Soal penurunan berat badan nampaknya tergantung usia, apakah berolahraga atau tidak dan apakah masih mengkonsumsi makanan lain selain pada waktu yang ditentukan. Asalkan mengikuti panduan, berat badan pasti turun.

  4. Mba jadi tertarik deh pengen nyobain diet ini, tapi saya tidak terlalu menyukai daging, apakah boleh diganti dengan yang lain, misalnya ikan atau sosis sapi begitu? trims

  5. Numpang bagi pengalaman,Saya lagi sementara jalan diet mayo nih dari tgk 4 nov 2014,ini sdh hari ke 3 dan allhamdulilamh sdh turun 2 kg,kmrin2 susah skali turunin biar cma 1 kilo pdhl sy olahrga tp krn makannya sembarang kali jd nga turun,sumpah beraaaaaat bingits bingits,nga enak pengen nyerah tp sy paksakan,tantangannya tomat rasanya nga enak biasanya pake untuk sambel ini mkn mentah,br coba sedikit sdh tdk aku terusin jd menu yg ada tomatnya nga sy mkn,sy paling suka menu selada enakko di campur dgn ayam atau daging rebus,doain yah semoga sukses smpe hri terakhir.

  6. hai mba,, aku skarang juga lagi coba diet ini.
    Tapi aku ngga tau nih cheat apa ngga,,banyak yang aku rubah sih..hihi..
    krena kegiatan nya juga banyak.
    & karena aku puasa snin kamis,, jadinya maks makan jadi jam 7 malem.
    So far si ga lemes,,uda hari k 4. cuma godaan nyemilnya itu loo..T.T
    Doakan lancar ya..
    target turun 5 kilo sih..
    Btwe,, klo misal udah pengen banget nyemil, tapi diganti buah boleh ngga sih mbak?

  7. hai mbak . saya mau mulai diet mayo nih . kalo umpama daging2 nya diganti telur rebus aja bolehh gak ?
    terus yg buah pepaya dan pear diganti buah lainya . pisang/wortel/tomat ?
    lalu yogourt dan susu non fat nya bs merk Pa saja kan ?

    • selain telur rebus, bisa diganti ikan juga lho.. soal buah-buahan pisang bisa juga kok. tapi wortel dan tomat kan sudah ada di menu.
      saya pake elle & virre, tapi tidak harus mempersulit diri sendiri sih. Kalau hanya ada yoghurt merk tertentu ya pake aja yogurtnya. Baru-baru ini saya nyobain Heavenly Blush dan rasanya enak juga.

  8. Aku juga lagi jalanin diet mayo ini sudah hari ke 11… kalau aku godaannya pengen banget makan pake sambel tapi aku tahan2.. kadang pengen banget makan akhirnya aku minum yakult yg kalorinya dikit..tapi sebenarnya gak boleh yaa..hehehhe.. lingkar pinggangku udah turun 4cm dan BB turun 6kg dihari ke 11 ini…

  9. saya juga baru nyoba diet mayo ini baru 2harian besok hari ke 3… aq gak suka buanget sama dada ayam uang rasanya diapa-apain suangat hambar… disiasatin pake madu pun juga ga bisa…
    besok hari ke 3 moga cukup kuat

  10. Saya juga baru selesai melaksanakan diet mayo tanggal 21 Maret 2015…berat badan turun 5 kg lingkar pinggang nyusut 6 cm yg lain gak ikut di ukur…begitu hari ke 14 #lebaranmayo#….sarapan laksan apa yang terjadi ? ini timbangan yg rusak atau bb yg jd masalah lagi…@tepukjidatbbnaik1kg# tapi saya tetap semangat untuk mengatur pola makan

    • Kayaknya telur sama kentang kandungan gizinya beda deh. Kentang lebih banyak karbohidrat sementara telur protein, mungkin bisa diganti ikan saja kalau memang alergi telur.

  11. mba saya di Palembang loh
    kemarin adek tanyain kalau cateringnya temen mba ini berapaan? selama 13 hari kan?
    kemaren ad yg nawarin harganya 800rb
    kemahalan itu mah kali aja si mba lebih murah? hehee

  12. Mba, kalo aku makan siangnya ketinggalan, jadi jam 5 baru bisa makan, aku makannya yang makan siang atau makan malam? Terus setelah itu makan malam lagi atau meninggalkan makan malam/siangnya? Terakhir jam berapa ya mba makan malamnya? Terimakasih mba..

  13. Ping-balik: Diet Mayo dan Berat Badan - Jurnal Suzannita

  14. mbak saya mau coba diet mayo. nah kan ribet da dagingnya sama ayam kukus. kalau telur aja diganti boleh? tiap hari jadi makan telur.

  15. ikannya kalau dencis di goreng aja bisa mbak? terus tomatnya dimakan habis di cuci atau direbus dulu? bayamnya boleh dibuat royco atau masako saat di rebus?

    • Maksudnya ikan dencis kalengan? Ikannya pakai ikan segar dan sebisa mungkin jangan digoreng. Cukup dikukus saja. Tomat cukup dicuci tidak perlu direbus.
      Tujuan diet mayo adalah detoks dari bahan-bahan pengawet termasuk msg. Jadi selama diet mayo jangan menggunakan msg termasuk royco ataupun masako maupun bumbu-bumbu lain apalagi garam.

  16. oh gitu ya sis.
    saya hari pertama ini, uda buat daging sapi dikulkas. trus kan sis, daging sapinya di goreng pakai minyak apa? trus bisa pakai bawang bombay, lada ?sis dulu gimana masak nya?

      • Jagung dan kentang itu hitungannya bukan sayuran, tapi karbohidrat. Kalau mau ganti sayuran lain yang dirasa lebih enak dan bisa dimakan. Atau bayam dibikin jadi sayur bening tapi minus garam, atau jadi creamy spinach. Resepnya bisa digoogling. Yang jelas harus tanpa garam. Kalau ada garam, maka diet harus diulang.

      • kalau daun ubi pakai santan bisa sis?
        kalau saya ganti menu malamnya untuk hari kedua : 1 telur jagung, kentang bisa ? atau memang tidak bisa makan jagung dan kentang?

      • Gini mbak Lusy, tujuan diet mayo kan untuk menurunkan berat badan, di aturannya gak ada santan yang masuk di situ. Kalaupun mau tetap pake ya silakan aja. Tapi kalau berat badannya tidak turun banyak ya itu resikonya. Di diet mayo memang terasa kalau semua yang dimakan terasa hambar karena memang kalau di panduan aslinya tidak ada bahan-bahan lain seperti yang disebut di dalam panduan itu.
        Soal mau gak pake sayuran ya juga terserah, tapi tujuannya untuk memastikan semua unsur yang diperlukan tubuh tetap ada meskipun berdiet. Di hari-hari terakhir selada juga tidak saya makan lagi kok.

      • soalnya saya lihat teman saya makan jagung dan ketang di siang hari sis. Makasih banyak ya sis buat infonya. hehehe maaf banyak tanyak2.

  17. Halo kak, mampir nih sembari proses diet mayo hari ke.2 hihi
    so far so good karena aku masak daging pake bawang bombay sama lada. hehe

    aku mau nanya masalah roti. kakak pake roti merek apa? aku udh beli gandum Sari roti pas liat komposisi ada garamnya. bukan gandum pun, yang tawar ada komposisi garamnya.

    • Pake lada sebenarnya tidak dianjurkan kalo lagi diet mayo. Apalagi lada bubuk. Takutnya ada campuran lain di bubuk ladanya. Tapi ya terserah masing-masing.
      Pada saat diet saya pake roti wholewheat.

  18. Assalamu alaikum.sist mau tanya, bisa ngga melakukan diet mayo dibulan puasa.trus makan siang nanti dimakan pada saat sahur.boleh yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s