#289 Saya ngeblog, karena itu saya ada

Pada tanggal 27 Oktober 2007, pesta blogger yang pertama diadakan di Jakarta. saya yang berada jauh dari Jakarta cuma bisa melihat dari kejauhan dengan perasaan dengki yang tak terkira. pada tahun itu saya adalah blogger baru yang sedang senang-senangnya ngeblog. setiap pagi ketika sampai di kantor, bukannya mengecek email kerjaan, saya malah memeriksa adakah yang berkomentar di blog saya.Pada tanggal 27 Oktober 2007 itu pula, Muhammad Nuh yang pada waktu itu sebagai Menkominfo mencanangkan hari blogger nasional pada saat pembukaan pesta blogger yang pertama itu. Beruntungnya saya, tahun 2008 dan 2010 saya akhirnya bisa hadir di pesta blogger meskipun dengan biaya sendiri. errr… tahun 2010 saya dibayarin XL . Tahun ini pesta blogger sudah berganti nama menjadi on|off. tetapi apapun namanya, itu tetaplah menjadi salah satu ajang untuk blogger berkumpul.

Terus terang saja, saya merindukan masa tahun 2007 – 2009 di mana blog masih berjaya. saya merindukan teman-teman lama saya yang selalu komen setiap kali saya menulis blog, sekonyol apapun isi blog saya. dan sampai sekarang yang menarik dari blog adalah interaksi antara penulis dan pengunjung blog itu.

Bagaimanapun juga, blog adalah sarana. dan terserah pada blogger blog mau dijadikan sebagai apa. blog bisa menjadi sarana buat curhat *ehem* seperti yang saya lakukan. blog juga bisa menjadi tempat untuk berbagi pengetahuan ataupun pengalaman dan tentunya akan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.Blog bahkan bisa menjadi sarana untuk mengkampanyekan sesuatu yang mungkin akan bisa mengubah keadaan.

Seperti yang pernah dikatakan mas Iman Brotoseno. jaman sudah berubah. dulu saya selalu meluangkan waktu untuk blogwalking ke blog teman-teman saya minimal dua jam per hari. tetapi sekarang tidak mungkin lagi. banyak hal yang mengubah semuanya. jumlah blog yang semakin banyak, waktu yang semakin terbatas dan juga adanya mikroblog yang hanya membutuhkan waktu sedikit untuk dibaca sehingga orang merasa malas untuk melongok blog. padahal koneksi internet semakin murah dan mudah saja saat ini.

akan tetapi meskipun banyak yang mengatakan bahwa masa kejayaan blog sudah lewat, saya tetap merasa bahwa blog adalah salah satu cara untuk membuktikan kalau saya pernah ada. kalau ada dokumentasi tentang saya ataupun hal-hal yang saya anggap penting dalam hidup ini. kecuali kalau wordpress bubar maka tak ada lagi dokumentasi tentang saya .

Saya ngeblog, karena itu saya ada

Selamat hari blog untuk semua blogger di Indonesia. anyway, in my humble opinion, tak ada istilah mantan blogger. yang adalah adalah blogger yang sedang hiatus.

10 thoughts on “#289 Saya ngeblog, karena itu saya ada

  1. Waktu PB 2007 saya malah lagi senang-senangnya hambur komen, nyari2 blogger yang bisa diajak berteman lewat interaksi. 😛

    Iya, jaman sudah berubah. Dulu mbak Ira gak pernah absen komen di postingan saya. :mrgreen:

  2. Pingback: Anda bertanya, Ira menjawab | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.