The virus still win

Pada suatu waktu, ada seseorang yang pernah bilang seperti ini, “Kita berdebat tentang siapa yang salah. Berdebat tentang siapa yang seharusnya bertanggungjawab atas program ini. Melakukan upaya pencegahan ke semua kalangan. Sudah banyak pertemuan yang kita lakukan. But, the virus still win!!!!!”

Indeed, the virus still win. HIV still win the war.

Dan hari Sabtu (29/09/2007) virus itu mengambil nyawa salah seorang teman kami. Dan ketika saya curhat lagi dengan si nyet soal ini. Dia cuma bilang begini. “mungkin lebih baik kalau dia pergi. daripada dia hidup tapi tersiksa karena rasa sakit yang tak tertahankan.”

Saya tidak menghadiri pemakamannya karena saya terlambat tahu kabar itu. Tapi yang membahagiakan adalah dia meninggal dikelilingi oleh orang-orang yang dicintainya.

Selamat jalan untuk seorang teman yang tetap berjuang sampai saat terakhir hidupnya.

39 thoughts on “The virus still win

  1. @cK
    ๐Ÿ˜ฏ
    busyet Chik…. responsnya cepet sekali ๐Ÿ˜€
    memang, harusnya orang sadar. Tapi perkembangan virus itu cepet sekali sementara obatnya sampe sekarang belum ditemukan ๐Ÿ˜ฆ

  2. Yup… Tapi, semua itu ada pasangannya. Matahari aja punya Nemesis, ya kan? Belum waktunya aja untuk muncul ke permukaan… Sama kayak cacar dulu pas jaman kegelapan…

  3. Ada penyakit pasti ada obatnya, mengenai virus ini sebenarnya dapat dicegah dengan menjaga diri dari segala perbuatan maksiat karena notabne virus ini tersebar dari suatu hal yang tidak semestinya.Ikut berduka cita

  4. @suandana
    someday, pasti ketemu walaupun belum sekarang.

    @’K,
    makasih

    @caplang
    kesalahannya….
    salah proritas….

    @warmorning
    yup… ini lebih ke perilaku

    @venus
    makasih mbok

    @dwiyanto
    Iya, pencegahan lewat perilaku itu memang penting.

    mengenai virus ini sebenarnya dapat dicegah dengan menjaga diri dari segala perbuatan maksiat karena notabne virus ini tersebar dari suatu hal yang tidak semestinya.

    tidak hanya dari perbuatan maksiat. Ada yang tertular dari transfusi darah. Ada dokter yang tertular dari pasiennya.
    makasih

    @Jejakpena
    Pencegahan ini yang harusnya diinformasikan ke semua orang ๐Ÿ˜€

  5. HIV hugh…

    …saya teringat magic johnson, yang sampai sekarang masih segar dan punya kerajaan bisnis…kiatnya betapa dia harus fitness dan minum beragam obat…yang sayangnya sangat mahal…saya juga ingat betapa beberapa wanita tidak pernah mengetahui/dikasih tau oleh pasangannya yang mengidap HIV sampai dengan dia sendiri terkena…saya jadi geram…tapi tak sanggup apa-apa…

    *kenangan saat liat oprah tentang HIV*

    …untuk teman tante itik, turut berduka…

  6. humanity will win….

    jadi ingat ucapan salah satu tokoh kemanusiaan (guess who ?) ๐Ÿ˜‰ :

    bukan kematian yang ditakuti, tetapi bagaimana supaya manusia mati dikelilingi oleh cinta.

    virusnya memang menang, tapi virusnya tidak bisa mengalahkan tangan-tangan manusiawi yang menolong korban virus itu.

  7. dukung program anti HIV-AIDS!!! dan para ODHA!!!
    aku juga salah satu pendukung program itu meskipun dari jauh untuk saat ini
    Aku udah pajang banner THINKAIDS di blog-ku, aku rasa itu bisa jadi gerakan moral bagi kita semua para blogger

    thx mbak Ira buat ngingetin kita semua ๐Ÿ™‚

  8. @goop

    saya juga ingat betapa beberapa wanita tidak pernah mengetahui/dikasih tau oleh pasangannya yang mengidap HIV sampai dengan dia sendiri terkenaโ€ฆsaya jadi geramโ€ฆtapi tak sanggup apa-apaโ€ฆ

    saya banyak mendengar cerita dari para perempuan yang tidak bersalah, tetapi harus tertular karena ketidakjujuran dari pasangannya. Padahal kalau jujur kan dari awal, penularan itu bisa dicegah.

    @fertob

    virusnya memang menang, tapi virusnya tidak bisa mengalahkan tangan-tangan manusiawi yang menolong korban virus itu.

    iya

    @extremusmilistis
    minta bannernya dong….

    @hoek
    makasih

    @-tikabanget-
    sampai sekarang belum ketemu tuh obatnya. Tetapi ada ilmuwan yang masih berusaha untuk mencari obat itu. Mari kita doakan.

    @almascatie

    obat kesadaran belum sampai didalam hati kita kah mba?

    sudah banyak yang sadar kok….

    @Amed

    Entah kenapa saya masih percaya omongannya Will Smith kalau HIV/AIDS itu hasil konspirasi CIAโ€ฆ

    heh…… begitu ya… kok saya baru denger sekarang ๐Ÿ˜€

    @ayahshiva
    banyak orang yang sadar tapi masih melakukan perilaku berisiko ๐Ÿ˜€
    komennya muncul kan???? ๐Ÿ˜€

  9. turut brduka cita, mbak.

    Lawan AIDS dgn mulai dari diri sendiri.
    Lebih mencintai dan menjaga amanah kehidupan dr YME.

    Yang tabah yach ๐Ÿ™‚

    Mnt ijin mo nautin link juga blh nga?

  10. Kasian, kenapa harus ada korban, bahkan dari anak remaja bahkan anak kecil, bahkan bayi gara-gara Virus itu.

    Smoga di Hutan unda belum ada penginap AIDS, tapi klo yang kena HIV rasanya sudah ada, jadi iba

    Eh, tapi unda belum pernah ketemu langsung tuh ma ODHA, kasian juga ya mereka

    Mudah-mudahan kita semua yang masih sehat bisa terjauh dari itu Virus maupun Virus-virus yang lain

    Amiin…….

  11. dua hal yang paling gak enak jadi dokter menurut saya, pertama saat memberitahu sakit yang berat pada penderita atau keluarganya, kedua melihat pederita menjelang kematian. Masalahnya itu hampir tiap hari dihadapi. Btw selamat bekerja dan tetap semangat berjuang melawan HIV

  12. @anakrimba
    semoga kita semua bisa terhindar dari virus itu

    @mataharicinta
    doakan saja obatnya bisa ditemukan

    @dokterearekcilik
    saya bukan dokter, dok ๐Ÿ˜€ . Tapi kalo dokter yang biasa menghadapi kematian saja merasa gak enak, apalagi saya yang jarang melihatnya. Membuat saya sedih ๐Ÿ˜ฅ , menyaksikan teman kita meninggal.
    Makasih dok ๐Ÿ˜€

  13. Tugas kita nantinya sebagai orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya dalam pergaulan dengan teman-temanya. Sekali salah bergaul, bisa fatal akibatnya.. Btw, turut prihatin atas kejadian ini…

  14. Ya, memang mengharukan, setelah perjuangan melawan itu virus. Mungkin itu yang terbaik pada saat itu.
    The virus won at that time, but war is still going on…someday we can hit the virus.

  15. Sebenarnya virus HIV itu kan sudah ada berpuluh tahun yg lalu, kok baru sekarang demen nyebar sana-sini ya? jangan2….. ah.., ga boleh nuduh2 org lah.. ๐Ÿ˜€

  16. @ochep Pob
    makasih. Tapi HIV bukan hanya karena salah bergaul. HIV bisa menginfeksi siapa saja termasuk kita. Kalau kita tidak berhati-hati. HIV bisa masuk lewat transfusi darah ataupun jarum suntik yang tidak steril.

    @Togar Silaban
    semoga ๐Ÿ˜€

    @CY
    hush… jangan suka nuduh orang sembarangan… ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.