Makanan Halal di Osaka

Menu halal di Naritaya Osaka

Jepang saat ini sudah menjadi tujuan utama wisatawan Indonesia ketika berniat untuk berlibur ke luar negeri. Masalah yang sering dikeluhkan oleh wisatawan Indonesia adalah sulit memperoleh makanan halal di Jepang. Ketika tahun 2005 saya ke sana, mencari makanan halal memang cukup sulit. Namun di masa pemerintah Jepang sedang menggiatkan kunjungan wisatawan ke Jepang, semakin banyak tempat makan halal di kota besar. Bonusnya lagi adalah, biasanya di tempat makan ini tersedia mushola. Jangan dibayangkan seperti tempat makan di Indonesia ya. Biasanya mushola di sini hanya cukup untuk satu atau dua orang saja. Tetapi di tengah sulitnya mencari tempat sholat, adanya mushola semacam ini tentu saja patut disyukuri.

Saat ini informasi tentang tempat makan halal di Jepang cukup bervariasi. Biasanya saya mencari informasi dari website ini, ini dan ini. Selain itu, di Tokyo dan Osaka juga terdapat leaflet khusus untuk wisata halal.

Selama berada di Osaka, inilah restoran yang saya datangi

Matsuri

Matsuri berada tidak jauh dari stasiun Noda dan hotel tempat saya menginap di Toyoko Inn Noda Ekimae. Matsuri menyediakan menu yang beragam. Kalau ingin mencoba takoyaki yang halal, di sinilah tempatnya. Selain itu, mereka juga menyediakan ramen, sushi, sashimi dan menu lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk menu dan harga mereka bisa dicek di sini. Perlu diperhatikan juga bahwa porsi makanan di sini berukuran cukup besar sehingga hindari kalap mata ketika memesan. Air minum tersedia gratis di sini.

Takoyaki

Ramen

Sayangnya tempat ini tidak menyediakan tempat untuk sholat. Tetapi matsuri tetap perlu dimasukkan daftar ketika mengunjungi Osaka karena menunya yang beragam tanpa perlu merasa was-was dengan kehalalan masakannya.

Update: Berdasarkan info di websitenya Matsuri menyediakan tempat untuk sholat.

Matsuri
3 Chome-27-17 Yoshino, Fukushima Ward, Osaka, Osaka Prefecture 553-0006, Japan

Jam operasional
11AM–2PM, 5–11PM

Halal Mentei Naritaya Osaka minami

Naritaya Ramen berada di daerah Shinsaibashi, tidak jauh dari daerah Dotonburi dan Namba. Tidak jauh dari stasiun Shinsaibashi dan Nagahoribashi. Naritaya Ramen juga terdapat di Tokyo dan Kyoto. Selain ramen, restoran ini juga menyediakan menu lain seperti nasi kare dan juga ayam goreng. Menu favorit saya adalah ayam goreng. Harga ramennya juga relatif terjangkau, antara 800 – 1500 yen. Porsinya ramennya juga besar sehingga lebih baik pilih versi regular saja. Air putih tersedia gratis di sini, untuk harga minuman lain seperti coca cola dan juice dipatok di harga 300 yen. Untuk menu dan harga bisa dicek di sini.

Miso Ramen Average Regular – 800 yen

Naritaya curry rice ethnic curry & rice regular – 1300 yen

 

fried chicken small – 300 yen

Restoran ini menyediakan tempat sholat yang cukup untuk satu orang dan juga tempat berwudhu. Toiletnya juga menyediakan semprotan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Tempat ini hanya menerima uang tunai.

Halal Mentei Naritaya Osaka Minami
Japan, 〒556-0017 大阪府大阪市Chuo, 東心斎橋1-7-23

Jam Operasional
Senin – Jumat : 11: 00-15: 00 17: 00 ~ 22: 00 (LO 21: 30)
Sabtu, Minggu, Hari Libur, Hari sebelum hari libur : 12: 00 ~ 22: 00 (LO 21: 30)

Honolu Ramen

Sumpah, ini ramen terenak yang pernah saya coba. Saya pergi ke sini bersama rombongan dan naik mobil jadi tidak tahu pasti kalo mau ke sini naik transportasi publik yang mana. Tapi ramen ini layak dicoba. Tempatnya sempit sehingga mungkin perlu antri kalau mau makan di sini. Tapi it’s worth the wait. Untuk memesan makanan, kita harus memesan di mesin tiket yang berada di depan restoran. Saya mencoba chicken white ramen yang rasanya memang enak. Air putih tersedia gratis di sini.

Chicken white ramen

Tempat ini menyediakan tempat sholat dan tempat berwudhu. Mereka juga menyediakan staff yang berbahasa Indonesia sehingga kendala bahasa tidak menjadi masalah.

Honolu Ramen
2 Chome-5-27 Motomachi, Naniwa Ward, Osaka, Osaka Prefecture 556-0016, Japan

Jam Operasional
Senin – Sabtu 11:30-14:30 dan 17:00-21:00
Minggu 17:00-21:00

Bulls Osaka

Kalau ingin mencoba shabu-shabu halal, restoran ini merupakan tempat yang tepat. Terletak di lantai 5 Osaka City Air terminal. Makan siang di sini lebih murah daripada makan malam. Untuk lunch dihargai 1500 yen/orang sudah termasuk pajak. Selain dagingnya, menu pelengkap seperti sayuran dan jamur boleh diambil sesuka hati dengan syarat dihabiskan. Seperti biasa, air minum tersedia gratis. This is what i love about Japan.

shabu-shabu bulls

beef shabu-shabu

Tersedia tempat sholat, namun terpisah dari Bulls. Lebih baik minta diantar oleh pelayan ke lokasi sholat mengingat tempatnya berada di lantai lain dan tidak ada petunjuk arah.

Bulls Osaka

OCAT Bld. 5F, 1-4-1 Minatomachi, Naniwa-ku, Osaka-shi, Osaka

Jam operasional

11:00 – 15:00 (LO 14:30) 17:00 – 22:00 (LO 21:30)

2 thoughts on “Makanan Halal di Osaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.