Pengalaman Membeli Logam Mulia di Butik Emas Palembang

Kebetulan saya sedang mencari LM antam dengan berat 1 gram untuk hadiah. Sebelumnya saya sudah mencari di beberapa toko emas di Palembang, namun untuk ukuran 1 gram sepertinya langka. Setelah browsing di internet, ternyata di Palembang, Antam memiliki butik emas yang berlokasi di Gedung Samudera Indonesia di Jalan Jenderal Sudirman.

Butik emas ini buka setiap hari kecuali hari Minggu dan hari libur nasional. Begitu sampai, saya langsung disambut oleh Customer Servicenya. Di butik emas ini, hampir semua ukuran logam mulia antam tersedia mulai dari 0.5 gram hingga 500 gram. Harga emas diupdate setiap pagi, kita juga bisa memeriksa harga di website milik Antam ini. Ternyata Antam juga menyediakan emas khusus 1 gram untuk hadiah dengan harga Rp. 878 ribu, karena harganya jauh lebih mahal daripada yang biasa mending beli yang biasa saja. Kalaupun dijual kembali harganya juga sama saja.

Untuk membeli emas di Butik Emas, pembeli diminta menyertakan KTP dan NPWP. Sebenarnya NPWP tidak wajib, tapi dengan menyertakan NPWP, potongan pajaknya jadi lebih sedikit. Untuk pemegang NPWP hanya dikenakan 0.45 % sementara yang tidak punya NPWP dikenakan pajak 0.9%. Kalo cuma 1 gram sih, selisihnya tidak terlalu banyak. Mungkin baru berasa kalo beli 100 gram misalnya.

Pembayaran di tempat ini bisa menggunakan uang tunai sampai dengan maksimal 50 juta, mereka juga menerima kartu debit. Sementara untuk transfer, nama di rekening transfer harus sama dengan nama pembeli yang datang ke butik emas. Jika tidak, harus menyertakan surat kuasa.

Setelah melakukan pembayaran, emasnya langsung diserahkan kepada pembeli. Sebaiknya dilakukan cek fisik terlebih dahulu untuk memastikan emasnya sesuai. Berbeda dengan logam mulia antam yang lama di mana sertifikat terpisah dari fisik emasnya. Saat ini sertifikatnya menyatu dengan emasnya dengan bentuk kartu. Di belakang kartu ini terdapat barcode yang bisa discan untuk memastikan keaslian emas ini. Di bagian belakang kartu juga terdapat keterangan berat gram dari logam mulia ini.

ukuran 1 gram itu ternyata kecil banget

Saya sempat menanyakan bagaimana dengan pembelian kembali (buy back). Untuk pembelian kembali, diberlakukan harga buyback, yang pasti lebih rendah dari harga jual. Untuk harga jual emas dari antam untuk Palembang, hari ini saja ada di Rp. 758 ribu, sementara harga buybacknya di Rp. 677 ribu. Itu pun akan dikenai pajak penjualan emas sebesar 1.5 % untuk pemegang NPWP dan 3% untuk non-NPWP.

Membeli emas di butik emas, pembeli tidak perlu khawatir dengan keaslian emas yang dibeli karena Butik Emas merupakan toko resmi milik Antam.

Gedung Samudera Indonesia.
Jalan Jenderal Sudirman, No.3528 / 2083
Km.3,5 Palembang, Sumatera Selatan 30126

Phone: (0711) 318910
belm.palembang@antam.com
Senin – Kamis : 09.00 – 16.00 WIB
Jumat : 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 14.00 WIB
Tutup : Minggu dan Libur Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.