Berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

Ruang Sidang Utama Museum Konferensi Asia Afrika

Pada tahun 1950an, Dunia terbelah menjadi dua blok dan perang dingin terjadi di antara kedua blok ini. Pilihannya adalah mendukung Amerika Serikat atau mendukung Uni Soviet. Persaingan antar kedua blok ini kian memanas hingga memicu perlombaan pengembangan senjata nuklir. Hal ini menyebabkan negara-negara Asia Afrika menjadi khawatir karena meskipun mereka tidak terlibat, namun apabila terjadi perang dunia ketiga maka negara Asia Afrika lah yang akan menjadi korbannya.

Hal ini menyebabkan beberapa pemimpin negara Asia Afrika berkumpul di Kolombo pada tahun 1954 untuk  menyatukan sikap serta membangun kerjasama ekonomi dan kebudayaan bangsa-bangsa Asia Afrika. Dalam konferensi Kolombo,  Indonesia mengusulkan perlunya diadakan pertemuan lain yang lebih luas antara negara-negara Afrika dan Asia yang tidak menghadiri konferensi ini. Hasil dari konferensi ini adalah memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menjajaki rencana pertemuan lanjutan dan akan diadakan di Indonesia. Setelah mengadakan beberapa kali pertemuan lanjutan akhirnya disepakati untuk mengadakan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 – 24 April 1955 berjalan sukses dan menghasilkan Dasasila Bandung yang kemudian menjadi prinsip dasar dalam upaya memajukan perdamaian dan kerja sama dunia. Guna mengenang Konferensi ini, lokasi tempat berlangsungnya konferensi diubah menjadi museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini mulai dibuka tahun 1980.

Diorama Museum KAA

Museum Konferensi Asia Afrika memiliki ruang pameran tetap yang memamerkan benda-benda yang digunakan pada saat konferensi dan juga foto-foto dokumenter peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika tahun 1955. Beberapa benda yang dipamerkan merupakan benda asli yang dipakai pada saat kegiatan konferensi berlangsung di tahun 1955, sementara ada juga yang merupakan replika.

kursi yang dipakai pada saat konferensi Asia Afrika

kamera dan mesin ketik yang dipakai pada KAA di Bandung

foto dan infografis di museum KAA

Gong Perdamaian KAA ke 50

Selain itu tersedia juga ruang audio visual yang memutar film-film dokumenter yang berkaitan dengan konferensi Asia Afrika. Terdapat juga ruang perpustakaan yang menyimpan buku mengenai sejarah, sosial, politik, dan budaya negara-negara Asia Afrika; dokumen-dokumen mengenai Konferensi Asia Afrika dan konferensi-konferensi lanjutannya; serta majalah dan surat kabar

perpustakaan museum KAA

Untuk mendapatkan cerita dan informasi yang jelas tentang konferensi Asia Afrika lebih baik menggunakan jasa pemandu yang disediakan secara gratis. Biasanya tersedia untuk rombongan, namun untuk tamu individu bisa juga secara beramai-ramai digabung dengan tamu lainnya. Selain itu tersedia juga fasilitas multimedia informatif yang menyediakan informasi tentang Museum Konferensi Asia Afrika secara interaktif dengan layar sentuh. Dengan fasilitas yang lengkap dan termasuk toilet yang bersih dan keren, tidak salah kalau Museum Konferensi Asia Afrika ini merupakan salah satu museum terbaik di Indonesia.

pemandu dari museum menjelaskan tentang sejarah konferensi Asia Afrika kepada kami

multimedia interaktif

Museum Konferensi Asia Afrika bisa dikunjungi langsung untuk individu ataupun keluarga. Bagi rombongan besar seperti sekolah ataupun kampus harus melakukan reservasi dulu ke museum KAA, gak bisa ujug-ujug datang karena menyangkut kapasitas di dalam museum. Cara melakukan reservasi untuk mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika dapat dilihat di sini.

Apabila berada di Bandung, museum Konferensi Asia Afrika dapat menjadi salah satu tujuan yang wajib dikunjungi. Bagi yang berada jauh dari Bandung dan ingin mengintip museum ini, dapat mengikuti virtual tour di website mereka. Mengikuti virtual tour ini, seolah-olah kita berada di dalam museum ini.

Virtual tour museum KAA

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum of the Asian-African Conference – Gedung Merdeka
reservasi.mkaa@kemlu.go.id
P +62 22 42690705
F +62 22 4238031
Jalan Asia Afrika No.65 Bandung 40111 West Java Indonesia

Tiket masuk: Gratis
Waktu Kunjungan:
Senin: Tutup
Selasa – Jumat : 08:00 – 16:00
Sabtu – Minggu : 09:00 – 16:00
Libur nasional: Tutup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.