Willer Express, transportasi antar kota murah di Jepang

Bus Willer Express/Gambar dari sini

Salah satu biaya yang cukup mahal ketika berada di Jepang adalah transportasi. Untuk metro ataupun kereta api di dalam kota, biaya sekali jalan berkisar antara 200 sampai 300 yen tergantung tujuan. Jika hendak bepergian keluar kota biaya yang dibutuhkan lebih mahal lagi. Ketika ke Jepang di tahun 2016, saya merencanakan pergi ke Osaka dan Tokyo. Alternatif pertama adalah dengan menggunakan shinkansen yang harganya ternyata luar biasa mahal. Perlu biaya sekitar 14.000 yen sekali jalan. Sebelum berangkat, saya mempertimbangkan untuk membeli JR Pass seharga 3.5 juta atau sekitar 29.000 yen. Tetapi setelah saya hitung-hitung lagi, nampaknya agak rugi kalau membeli JR pass karena saya hanya akan memakai shinkansen dari Osaka ke Tokyo. Apalagi JR Pass hanya bisa digunakan di kereta JR sementara untuk kereta lain tidak bisa dipakai. Setelah melakukan riset kecil-kecilan di internet akhirnya saya memilih untuk naik bus malam willer express untuk menghemat pengeluaran. Karena berangkat di malam hari, saya tidak perlu membayar hotel selama semalam. Lumayan menghemat pengeluaran.

Berada di Jepang selama sepuluh hari, saya mengisi kartu icoca saya 20.000 yen. Sementara untuk Willer Express dua minggu sebelum berangkat saya sudah membeli secara online di website mereka. Dianjurkan untuk memesan terlebih dahulu mengingat armadanya terbatas sementara peminatnya cukup banyak. Untuk jenis Relax saya membayar 5.400 yen.

Untuk tujuan Osaka – Ikebukuro, saya naik dari Willer Express Cafe di Umeda Sky Building. Dan baru belakangan saya tahu kalau ternyata tempat menunggu bisnya berada di Umeda Sky Building lantai 1. Di willer express cafe, kita bisa menunggu sambil menikmati makanan dan minuman. Colokan juga lumayan banyak di sini. Ada juga toilet di lantai atas.

Lima menit sebelum keberangkatan, bus jurusan ikebukuro yang akan saya tumpangi sudah ada di lokasi. Kita hanya perlu menyebutkan nama berdasarkan pesanan ke supir bus yang akan menandai satu-satu penumpang yang berangkat.

Di Jepang, mungkin untuk menghindari kemungkinan pelecehan seksual biasanya penumpang akan ditempatkan di deretan kursi yang sama dengan gender yang sama pula. Itulah sebabnya ketika kita memesan tiket bus di website willer express akan ditanyakan gender. Kebetulan saya sebangku dengan backpacker perempuan asal Russia.

Busnya masih kosong

Untuk jenis relax ini, kursi bisa dimundurkan sehingga penumpang bisa rebahan. Perlu diingat juga, di Jepang apabila hendak memundurkan kursi di bus sebisa mungkin minta ijin dulu dengan yang duduk di belakang kita. Di bus ini, kita tidak perlu khawatir dengan pemandangan ketika kita tidur karena di setiap tempat duduk disediakan semacam tudung penutup kepala. Jadi walaupun ngiler ataupun mangap ketika tidur tidak akan jadi masalah.

Di setiap tempat duduk terdapat tudung penutup kepala

Perjalanan dari Osaka ke Tokyo memakan waktu 9 jam dan sempat berhenti dua kali untuk memberikan kesempatan kepada penumpang bus untuk beristirahat ataupun sekadar ke toilet. Ketika sampai di Ikebukuro, supir bus memberikan informasi tibanya bus melalui pengeras suara sehingga penumpang bisa bersiap-siap untuk turun. Saya sampai di ikebukuro jam 06.20 pagi, sesuai dengan jadwal kedatangan bus. Sebenarnya willer express bisa direkomendasikan sebagai alternatif untuk transportasi antar kota di Jepang dengan catatan asal kuat, soalnya saya merasa pantat saya sakit dan kaki kesemutan akibat terlalu lama duduk di bus. Mungkin juga faktor umur #syedih

8 thoughts on “Willer Express, transportasi antar kota murah di Jepang

1. Salam kenal. Jadi inget waktu naik willer Nagoya-Tokyo (turun di Ikebukuro juga) dan Tokyo-Kyoto. Mungkin karena saking capeknya, begitu bis jalan langsung merem. Ngga ngeh berhenti berapa kali.

2. Tudung cuma berguna untuk menutupi ngiler dan mangap. Sayangnya tidak dilengkapi peredam suara untuk mengatasi suara ngorok.
    Dulu pernah mengunjungi mantan pacar ke Niigata, bapak sebelah ngoroknya kenceng. Terpaksa pasang earphone lalu dengar musik pasang volume rada kencang. šŸ˜›