Menginap di Golden Crown Court Hong Kong

Pintu masuk Golden Crown Court

Pintu masuk Golden Crown Court

Mengingat tarif hotel di Hong Kong yang harganya sangat tidak manusiawi, maka menginap di hotel tidaklah menjadi pilihan buat saya. Sementara untuk tinggal di hostel dan sharing kamar dan kamar mandi dengan orang lain juga rasanya malas, maka guest house menjadi alternatif untuk menginap di Hong Kong. Sebenarnya penginapan murah banyak terdapat di Chungking Mansion dan Mirador Mansion, namun karena saya bepergian sendirian dan agak ngeri juga setelah membaca cerita di internet bahwa suasananya agak menyeramkan, dua tempat ini tidak menjadi pilihan saya. Golden Crown Court yang juga terletak di Tsim Sha Tsui juga menjadi tempat beberapa guest house yang murah dan lebih aman karena masing-masing guest house ini biasanya memiliki security key sehingga tidak sembarang orang bisa masuk ke sini. Lokasinya juga dekat dengan masjid Kowloon dan ke stasiun MRT tinggal ngesot aja. #yakale

Ketika saya pergi di bulan Februari 2013, saya akhirnya memilih untuk menginap di Golden Crown Guest House yang terletak di Golden Crown Court. Ketika saya pergi lagi di Januari tahun ini, karena terlambat memesan di internet ternyata Golden Crown sudah penuh. Akhirnya saya memesan di Yiu Fai Guest House yang juga berada di Golden Crown Court. Mungkin perbandingan 2 guest house ini tidak apple to apple karena di Golden Crown saya memesan kamar single sementara di Yiu Fai saya memesan kamar triple karena saya pergi bersama ibu dan kakak saya tetapi bolehlah jadi pertimbangan siapa tahu ada yang pengen ke sana juga.

Golden Crown Guest House

Golden Crown Inn

Golden Crown Guest House

Metode pemesanannya mungkin yang paling rapi karena reservasi dilakukan lewat website mereka dan ada bukti konfirmasi ketika kita melakukan pembayaran. Meskipun tidak memiliki akun paypal, kita bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit dari website mereka. Jadi ketika datang ke sana kita tinggal menunjukkan bukti konfirmasi dari mereka.

Kamarnya sempit, tapi di Hong Kong sini kamar hotel pun juga sempit. Koneksi internet lancar. Tersedia air panas dan air dingin di common area. Sayangnya kamar tidak terlalu bersih. Saya masih menemukan rambut di tempat tidur saya. Tidak ada heater di kamar, jadi ketika musim dingin akan terasa sangat dingin ditambah lagi dengan selimut yang termasuk tipis. Saya akhirnya tidur dengan memakai jaket setelah terkena demam akibat udara yang sangat dingin . Kamar mandinya meskipun kecil bersih dan tersedia air panas, toiletries dan handuk.

Kamar standard single. Kasurnya lumayan besar.

Kamar standard single. Kasurnya lumayan besar.

di sudut kamar disediakan colokan, gelas minum dan telpon.

di sudut kamar disediakan colokan, gelas minum dan telpon.

Kamar mandinya sempit tapi bersih

Kamar mandinya sempit tapi bersih

Golden Crown juga menjual tiket ke beberapa tempat atraksi dengan harga diskon. Meskipun kita tidak menginap di sana tetap dilayani. penukaran dollar di sini ratenya termasuk paling bagus. 1 USD dihargai 7.70 HKD. Sayangnya ketika saya hendak menukar di sana ditolak oleh salah satu staffnya dengan alasan saya tidak menginap di sini.

 Yiu Fai Guest House

Sistem pemesanannya tidak serapi di Golden Crown. Kita harus membayar deposit lewat akun paypal. Saya terpaksa meminjam akun paypal orang lain untuk membayar depositnya. Tidak ada konfirmasi tertulis tentang bukti pemesanan kita. Ketika saya datang ke sana, saya harus membantu pemiliknya untuk mencari nama saya di komputernya.

Kamar triple berada di lantai 10, berbeda dari resepsionisnya yang berada di lantai 5. Kamarnya bersih dan lantainya dari kayu sehingga terasa lebih hangat. Sama seperti Golden Crown, di Yiu Fai tersedia air panas dan air dingin di common area. tidak ada heater di kamar sehingga di musim dingin masih terasa sangat dingin. Selimutnya lumayan tebal sehingga saya tidak perlu tidur menggunakan jaket meskipun suhu di sana berkisar 8 – 10 C. Meskipun ada wifi, ternyata koneksi internetnya bermasalah sehingga beberapa hari tidak bisa menggunakan internetnya. Kamar mandinya bersih meskipun sempit dan disediakan air panas, handuk dan toiletries.

Saking sempit kamar mandinya, tidak bisa mengambil foto ruangan secara keseluruhan.

Saking sempit kamar mandinya, tidak bisa mengambil foto ruangan secara keseluruhan.

satu tempat tidur single dan satu tempat tidur double

satu tempat tidur single dan satu tempat tidur double

Abaikan baju-baju yang bergelantung.  Meskipun sempit masih bisa buat sholat kok.

Abaikan baju-baju yang bergelantung.
Meskipun sempit masih bisa buat sholat kok.

Golden Crown unggul dari segi reservasi karena sistem mereka yang aman sementara Yiu Fai unggul karena harganya yang lebih murah. Untuk kamar triple di Yiu Fai dihargai 500 – 550 HKD tergantung musim sementara di Golden Crown 580 HKD. Sebagian orang mungkin lebih memilih Golden Crown, tapi Yiu Fai bisa jadi alternatif jika Golden Crown penuh.

22 thoughts on “Menginap di Golden Crown Court Hong Kong

  1. Iya tuh di HK hotel-hotel juga mini. Pas dari hotel Disneyland pindah ke daerah Causewaybay, kaget abis karena ukurannya lebih kecil dari kamarku. 😆

    Tapi ini harganya masih masuk akal ya…

  2. Mbak mau nanya yiu fai pembayarannya lewat email ya? Saya mau nginap sana to pas mau byr kok diminta nomor kredit card dan password nya, apa memang begitu?? Tolong info sistem pembayaran anda di yiu fai mbak. Thx..

    • Down payment di yiu fai harus lewat paypal. Coba minta tolong teman yang punya rekening paypal untuk membayar atau bikin akun paypal sendiri untuk membayarnya.
      Pada saat saya reservasi di sana, pemesanan memang lewat email. Nanti mereka meminta kita untuk membayar deposit ke akun paypal milik yiu fai. Saya minta jasa teman yang punya akun paypal untuk membayar depositnya.
      Sisa pembayaran nanti mereka akan minta dibayar cash pada saat check in di sana.

  3. Terima kasih mba responnya. Oiya,kalau menginap di yiu fai, apakah bisa membeli tiket dan tukar uang di golden crown? Lalu menurut mba,lebih baik bawa rupiah atau usd untuk ditukar di golden crown? Trims.

    • Kalau tiket bisa beli di golden crown walaupun kita tidak menginap di sana. Tapi kalau buat tukar di sana tergantung yang jaga dia mau terima atau tidak.
      Kalau tidak mau repot daripada bawa rupiah, tarik lewat ATM visa saja. Sekali transaksi kena biaya 25 ribu.

  4. Halo, mau Tanya waktu booking golden crown via apa ya, saya Cari Di agoda nga Ada, Dan booking Di websitenya tp paymentnya kok cuman bayar depositonya Aja ya, saya book 2 kamar buat 3 malam total 5 jtan, Dan depositonya nanti dibalikin nga thanks

  5. Mbak, 2 hari yg lalu kami Kirim email utk book golden crown di bulan desember nanti, tapi belum direspon. Apa memang begitu, slow response? Thanks

  6. Halo mbak, maaf mo tanya
    golden crown buildingnya bersih ga ya mbak? Liftnya besar dan antri kah?
    saya ada plan menginap disana juga, ditunggu infonya mbak, makasi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s