#324 getting to zero

Tema hari AIDS tahun ini yang jatuh setiap tanggal 1 Desember adalah Getting to zero: zero new infection, zero discrimination & zero AIDS-related death.
Sepertinya mustahil ya. Tapi tak ada yang tak mungkin. Kalau semua orang sudah paham tentang cara penularan HIV, harusnya bisa jadi pintu untuk secara perlahan-lahan mengurangi kasus baru HIV. Karena orang yang paham tentang cara penularan tentu saja seharusnya tahu bagaimana cara menghindari agar tidak tertular.
Paham tentang cara penularan juga akan membuat tidak ada lagi diskriminasi. Karena orang yang paham akan tahu bahwa setiap orang dapat hidup bersama dengan orang yang terinfeksi HIV tanpa perlu khawatir akan tertular. Orang yang paham tentu saja akan tahu bahwa siapa saja dapat terinfeksi HIV sehingga tidak adalagi hubungannya dengan masalah moral. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV, penderita AIDS maupun keluarganya.
Pemahaman tentang HIV juga akan membuat orang yang sadar dirinya beresiko akan secara sukarela memeriksakan status HIVnya sehingga jika ada HIV di dalam tubuhnya akan dapat langsung diberi anti retroviral untuk memperpanjang harapan hidup orang dengan HIV. Sehingga semoga saja tidak ada lagi orang yang meninggal akibat AIDS.
Ngomong-ngomong, sudah tahu kan cara penularan HIV? Sekadar mengingatkan kembali, virus HIV hanya hidup di darah, cairan sperma maupun vagina. Jadi HIV hanya dapat ditularkan melalui cara berikut ini: hubungan seks yang tidak aman, transfusi darah, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, penggunaan jarum tato yang tidak steril dan dari ibu ke bayinya.
Selamat hari AIDS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s