#106 itikkecil dan ngaturduit

saya harus mengakui kalau untuk soal pengaturan keuangan, saya memang payah. Tetapi tentu saja tak mungkin selamanya saya begitu. Dan hari jumat tanggal 22 April, saya mengikuti Akademi berbagi tentang perencanaan keuangan bersama mas Aidil Akbar. errr, harusnya saya membuat tulisan laporan perencanaan akber itu, tapi kok ya masih males *dipentung mbak Ainun*

Banyak ilmu yang saya dapat dari kelas itu,  yang jelas sekarang saya berusaha untuk sesedikit mungkin menggunakan kartu kredit. termasuk tidak menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang tak produktif. tapi yang terpenting, saya diajari untuk belajar mengatur keuangan dengan mendaftar di http://www.ngaturduit.com. Karena di situs itu, segala pengeluaran bisa tercatat dan saya bisa tahu ke mana saja uang saya habis selama ini… Dan ternyata saya defisit lhoo… *nangis darah*

Tapi, dengan penggunaan situs ini, sekarang saya jadi agak ngerem kalau ingin membeli ini itu ataupun ingin jajan ini itu. karena saya jadi tahu posisi keuangan saya seperti apa. saya jadi tahu kalau saya hampir bangkrut 😳

Sebenarnya bisa sih menggunakan alat bantu apapun untuk mengatur keuangan, ada teman saya yang pake spreadsheet semacam excel, ada juga yang mencatat secara manual. tapi sekarang saya lebih suka memakai situs ini karena ada juga versi mobilenya. jadi kalau pas sedang ke mall, saya bisa mengecek berapa sih sisa duit saya yang sesungguhnya kalau sedang ingin membeli apapun.

Dan, marilah dilihat berapa hari saya bertahan mencatat pengeluaran saya di situs ini :mrgreen:

10 thoughts on “#106 itikkecil dan ngaturduit

  1. wah senangnya membaca kalau ada yang merasakan manfaat ngaturduit.com. jadi penambah semangat untuk tim 🙂 oya, follow @ngaturduit untuk dapat info terbaru ngaturduit.com 🙂

  2. wah masalah atur mengatur duit memang kerjaan saya yg udah jadi ibu2… kalo ndak pinter, bakalan tekor abis… kalo yg single2 sih tekor paling2 yang kelaperan ya dirinya sendiri… lha kalo kaya saya tekor, whaaa… ada 2 nyawa lain yang ter-link ke saya… apa kata dunia?? 😆

    biasanya sih saya ngirit rit rit di awal bulan… uang kluar cuma buat yg rutin2 (yg mana udah dijatah pake amplop2) … baru ntar tgl 25an gitu saya liat lagi… kalo ndak ada sisa ya udah… klo ada sisa ya brarti bisa saya pake buat kebutuhan2 ekstra 😀 sampe skrg saya masi survive 😀

  3. sebetulnya yang juga penting adalah apakah bisa kita “downgrade” kebutuhan kita. Karena biasanya harga barang naik terus, sedangkan gaji tetap atau bahkan turun (di jaman skr ini). Susah dong kalau mau “up-to-date” terus 🙂

    EM

  4. Ping-balik: ngaturduit dan trackpense « Mirror

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s