#17 itikkecil dan kebahagiaan

“If you are happy, i am happy”

Pernah mengatakan kalimat seperti ini? Saya pernah. tapi yang saya rasakan saat itu adalah sebenarnya saya tidak bahagia. Mungkin anda pernah punya masalah seperti saya dulu. sahabat atau teman atau saudara anda melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak anda setujui. Bisa jadi sahabat atau teman atau saudara anda berhubungan dengan seseorang yang menurut anda tidak baik. Atau dalam kasus saya dulu, sahabat saya berhubungan dengan seseorang laki-laki yang menurut saya sangat menyebalkan.

Seringkali dalam hidup ini kita memerlukan persetujuan dari orang-orang sekeliling kita. apalagi kalau kita punya sahabat. adalah sesuatu yang menyenangkan kalau bisa melihat pacar dan sahabat kita juga bisa berbaur bersama. tetapi sayangnya mungkin saja hal itu tidak terjadi. Dalam kasus saya, saya sudah tahu persis kelakuan si laki-laki dan saya menganggap laki-laki itu tidak pantas buat sahabat saya. Sahabat saya menyadari ketidaksukaan saya, meskipun saya tidak pernah menyatakan secara langsung keberatan saya. sebaliknya saya mengatakan “If you’re happy, I’m happy”. Dalam hati sih saya masih uring-uringan dan berharap si sahabat putus saja dengan pacarnya yang menyebalkan itu.

Tetapi akhirnya saya sadar bahwa yang saya lakukan itu salah.  yang menjalani hubungan dan  merasakan segalanya kan sahabat saya. saya toh cuma orang ketiga yang sebenarnya tidak merasakan manfaat apapun. Jadi sebenarnya kalau sahabat saya memang bahagia, kenapa malah saya yang jadi sewot sendiri hanya karena ketidaksukaan saya?  Sebenarnya yang terpenting kebahagiaan saya atau sahabat saya? Mungkin yang seharusnya saya lakukan adalah mendoakan yang terbaik untuk mereka berdua. sehingga saya bisa dengan tulus mengatakan : “if you’re happy, i’m happy”

16 thoughts on “#17 itikkecil dan kebahagiaan

  1. pernah sih mencoba berbesar hati dengan kalimat i’m happy if you’re happy, tapi sisi lain pengen melanjutkan kalimat itu dgn ‘and i can make you happy’

    dalam realita sih biar berusaha happy masih juga terasa pedih so i guess kalimat lengkapnya itu i’m happy if you’re happy because of me :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s