Kembalikan Kambang Iwak kami

disclaimer :

  1. Postingan ini tentang kota palembang
  2. Banyak foto-foto (mohon maaf buat para fakir bandwith)

Ada yang berubah dengan Kambang Iwak sekarang. Ini baru saya sadari ketika beberapa hari yang lalu saya lewat di sana. Taman yang tadinya penuh dengan rerimbunan pepohonan, sekarang ini dirusak dengan munculnya beberapa bangunan yang menurut saya jelek sekali.

kambang iwak

kambang-iwak-2.jpg

Kambang Iwak adalah salah satu ruang publik yang banyak fungsinya buat saya pribadi. Saya pernah berantem di sini, sering juga sekadar pacaran duduk-duduk nongkrong di sini. Ketika ponakan saya yang ini belajar jalan, kami mengajaknya belajar jalan di sini juga. Kalau saya lagi pengen sendirian, saya akan pergi ke sini. Apalagi ketika tempat ini diperindah oleh pemerintah kota. Rasanya bukan cuma berguna buat saya pribadi, buat orang lain juga. Pagi dan sore hari, pasti ramai dengan orang yang jogging di sini. Tempat ini juga bisa berfungsi sebagai tempat kopdar, kopdar pertama saya bersama blogger-blogger Palembang juga berlangsung di sini.

kopdar kambang iwak

Orang tidak perlu terlalu khawatir dengan keamanan tempat ini, ada satpol PP yang selalu berjaga di sini walaupun kayaknya fungsinya lebih banyak menangkapi pasangan yang mencoba untuk berbuat mesum di tempat ini.

Dan ketika saya lewat itu, baru saya sadar kerusakan yang sudah diakibatkan oleh proyek ini. Konsepnya mungkin bagus, tempat rekreasi keluarga. tetapi haruskah dibuat bangunan permanen di sana? Kalau seandainya proyek itu gak laku, terus bangunan itu mau diapain, bukannya malah nanti jadi tempat bermesum ria lagi di malam hari.

Selama ini, jajanan yang ada di tempat itu cukup bervariasi, ada somay seharga dua ribu perak saja, ada juga bubur ayam bandung yang harganya cuma empat ribu. tapi kalo mau makanan yang lumayan mahal, ada tasik bbq dan musim cafe. Saya khawatir nanti, pedagang-pedagang kaki lima itu bakalan tergusur. Gak mungkin mereka bisa menyewa tempat yang harga sewanya 3,5 juta per tahun itu. Kalaupun mampu, gak mungkin somay nya dijual seharga dua ribu perak.

Selain itu, masalah tempat parkir juga seharusnya jadi perhatian pengelola ini. Selama ini, kalau Hotel Swarna Dwipa yang ada di seberang Kambang Iwak ada acara besar, pasti jalan Tasik itu ditutup. Bagaimana pengelola akan mengatasi hal ini. Mau pake trotoar Kambang Iwak seperti yang dilakukan oleh pengelola sekarang ini? Saya sebel pas lihat mereka dengan seenak jidatnya memarkir mobil di trotoar. Saya bukan anak teknik sipil, tapi logikanya trotoar itu tidak dirancang untuk menahan beban mobil yang jelas-jelas beratnya lebih dari satu ton.

Menurut Kompas, proyek ini belum dapet ijin. tapi kok bisa jalan ya?

Arrrghhh…. Intinya, balikin kambang iwak kami yang lama.

kambang-iwak-3.jpg

foto-foto diambil dengan kamera pribadi, foto kopdar dari Nike.

39 thoughts on “Kembalikan Kambang Iwak kami

  1. @caplang
    gak mau jadi gubernur

    @patrush
    *rajam patrush*

    ay tadi pas nulis belum ado commentโ€ฆ tiba2 munculโ€ฆ dak jadi pertamaxโ€ฆ

    ๐Ÿ˜† kasihan sekali kau nak ๐Ÿ˜€

  2. didefan rumah saia juga ada temfadh semacam itu, walofun berbeda jenis, cuma taman segh, banyak sangadh maenannya, cuma sekarang uda sefi,cuma buat jadi tongkrongan makhluk-makhluk mesum nan laknat….
    hiks…

  3. gak nyalon jadi gubernur aja, bu? *cekikikan bareng caplang*

    eh tapi serius, hal2 kayak gini emang keliatannya ga pernah dipikirin sama bapak2 itu ya? asal bikin ini itu, ga dipikirin efeknya, untung ruginya buat lingkungan dan masyarakat.

    ayo, jeng, nyalon gubernur aja ๐Ÿ˜€

  4. Parahnya juga ya. Itulah akibat dari diberlakukannya sistem kapitalisme di negara ini *halah*. Pembangunan yang tak terarah adalah salah satu akibatnya. saya ikut prihatin dech

  5. @Dee
    pakde kok jadi provokator ๐Ÿ˜†

    @ina
    ini lagi…. mau demo masak say?

    @ridu
    iya….. kami pernah makan siang rame-rame di pinggir kolam besar itu

    @Hoek soegirang
    sabar ya ๐Ÿ˜€

    @rd limosin
    *toss*

    @djoko soetrisno
    semoga ๐Ÿ˜€

    @suandana
    kok gitu ya? ๐Ÿ™„

    @venus
    gubernur blogger ๐Ÿ˜†
    money rule the world ๐Ÿ˜†

    @Hair
    makasih :mrgreen:

    @cK
    makasih buat sang idola ๐Ÿ˜†

    @’K,
    dasar!!!!

  6. he..he mau gabung, krn saya sering juga nongkrong di situ liat-liat pemandangan, tapi kok nggak pernah liat mbak ira (emang kalo ke situ siang, sore, pagi, apa malam…) he..he..

  7. @iromanda
    gak tentu

    @peci
    saya gak ngerti
    ini maksudnya ditujukan ke siapa ya?
    ke saya? atau ke pengelola proyek ini?
    tapi tolong bahasa anda itu diubah menjadi lebih baik.
    dengan sangat menyesal, komen anda terpaksa saya edit sedikit.
    kalau ke saya, saya cuma meminta kambang iwak dikembalikan lagi seperti yang dulu.
    kalo ke pengelola proyek ini, lebih baik anda datangi kantor pemasaran mereka di kambang iwak sana.

  8. yo sudah,kami munta maaf..
    surat itu bukan untuk kw,tp untuk wong yang na’ ngrubah/ngotak-ngatik kambang iwak..
    skali lagi kami minta maaf..
    oke bro..?

  9. @titov
    kayaknya gak digusur saat ini. soalnya pembukaannya mundur sampai maret ini

    @peci
    dimaafin ๐Ÿ˜€
    btw, saya bukan bro…. saya sis…..
    kita kan punya tujuan yang sama. sama-sama mencintai kambang iwak ๐Ÿ˜€

  10. sX lg sory y..
    kMi da’ tW kLo U tu SiS..
    SoRy y SiS..
    PeaCe,LoVe n GauL..
    heHehE..
    KiT CiNToi KaMBaNG iWaK KiT,jGn SaMPe KaMBaNG iWaK KiT RuSaK gaRa* GLoBaLiSaSi..
    hWaHAha..
    sX lG,JaGoLaH KamBaNG iWaK KiT SLaMo KiT maSeH iDuP..
    hOhoHo..

  11. satu : harga sewa bukan 3,5 per tahun tapi per bulan ๐Ÿ™‚

    dua : pedagang kaki lima memang tidak boleh berjualan di dekat situ, tp mereka masih bisa berjualan di sekitar kambang iwak kok

    tiga : soal izin memang sudah ada, dan memang pak wali lebih tau soal keberadaan proyek ini.

    empat : tunggu sampai bulan april awal, akan ada berita heboh ^__^

    lima : tidak bermaksud menyingkirkan kaki lima, tp kalo yg dagang di KIF Park itu kaki lima semua, ya rusaklah tamannya.. karena yg datang bisa “siapa aja”. U know what i mean laah

    enam : saya dari management KIF Park yang segera mengundurkan diri karena alasan-alasan yang prinsipil… So, tunggu saja berita-berita selanjutnya tentang KIF Park. Hehehe

  12. aaaaih tempat nongkrong dulu jaman SMA dimana semuanya masih berantakan… hihihihi
    lebih parah dulu buat track-trackan.
    pulang lebaran kemaren belum jadi kayak gini… jadi penasaran…

  13. menurut kalian nih,,,
    apa dampak negatif bagi individu, kelompok, dan lingkungan dengan dibangunnya KIFP????
    oh ya cecel salah satu anggota Ikatan bUJANG Gadis Kampus Sumsel (yang baru ngadain malam Grand Final di Novotel PlB,,hohoho promosi) yang tentunya ngerasa perlu banget dapet masukan dari temen2 untuk kemajuan kota kita, sapa tau bisa masuk jadi proker kami selanjutnya!!!
    thanks ya buat anak2 palembang yang masih peduli dengan lingkungan kita…

  14. woow…,, i miss KIF Park. tdnya sering joging di sana. tempatnya enak ntuh buat joging n refreshing. tp masa’ jajanan di dlm sana mahal2…….,,

  15. Palembang kotanya skrng memang lbh maju tapi SANGAT DISAYANGKAN yg dibangun hanya kotanya saja padahal yg paling penting itu membangun manusianya……..bangunlah orang palembang baik mental, spiritual, kualitasnya……semua orang tahu orang perilaku orang palembang itu bagaimana.

  16. Kambang iwak skrg rame banget. Gak nyaman kalo kita lg pngen refreshing. Tapi tetep keren kok! Kalo pngen menyendiri biasanya gw ke sana malem2.
    Pasangan mesum ga ada kok. Malah taman yg di depan gereja siloam (sebelahan sama KI) malah jadi tempat mesum karena gelep. Kemaren lewat eh ada orang cipokan. Kaget gw. Ga tau diri banget berbuat gitu di depan tempat ibadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.