Long Vacation

Jauh sebelum serbuan drama Korea ke Indonesia, drama-drama Jepang sudah lebih dulu bercokol di sini. Salah satu drama yang sampai sekarang masih sering saya tonton adalah Long Vacation yang dibintangi oleh Takuya Kimura dan Tomoko Yamaguchi.

Long Vacation bercerita tentang Minami, seorang model senior yang ditinggalkan oleh tunangannya pada hari pernikahannya dan akhirnya pindah ke apartemen yang tadinya ditinggali oleh tunangannya dan Sena karena semua uangnya sudah dibawa lari oleh tunangannya. Sementara Sena adalah seorang guru piano yang bermimpi untuk menjadi pianis profesional dan jatuh cinta dengan Ryoko. Pada akhirnya terjadi hubungan asmara segi banyak antara Minami dan Sena.

Long Vacation menurut saya menarik karena somehow I can relate to this story. Bukan karena hubungan cinta antara Minami yang berusia jauh lebih tua daripada Sena. Tapi karena saya pernah mengalami yang terjadi pada kedua tokoh ini. Minami pernah berada pada situasi tidak punya uang karena uangnya dibawa kabur oleh tunangannya dan tidak bisa mencari pekerjaan yang layak karena karirnya sebagai model dianggap sudah habis karena umurnya yang sudah menua. Sena adalah seorang guru piano yang tidak bahagia dengan pekerjaannya karena impian sesungguhnya adalah menjadi pianis profesional namun kemampuannya dianggap pas-pasan sehingga ia terjebak dengan pekerjaan sebagai guru piano itu. Apa yang saya alami mungkin tidak seekstrim itu tapi saya pernah terjebak dalam pekerjaan dan tidak saya sukai dan saya juga pernah merasakan menjadi pengangguran yang tidak punya pekerjaan. Been there, done that. Dan gara-gara film ini saya jadi bermimpi untuk tinggal di atas toko yang punya jendela dengan kaca yang banyak 😆

Judul Long Vacation sebenarnya berasal dari makna ketika Minami mengatakan bahwa karena ia sedang tidak punya pekerjaan maka anggap saja ia berada dalam masa liburan yang panjang (Long Vacation). Film ini memang menggambarkan perjuangan anak muda ketika masa resesi yang menimpa Jepang. Tapi yang saya sukai dari serial ini selain tampang ganteng Takiya Kimura adalah bagaimana mereka berjuang untuk mencari pekerjaan dan tetap optimis meskipun masa depan kelihatannya suram. Oh, dan soundtrack film ini juga keren. ada Naomi Campbell yang jadi backing vocal dalam lagu La La La Love Song.

2 thoughts on “Long Vacation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.