Local Leaders Days: Tiga Hari untuk Perubahan

Sebagai bagian dari Akademi Berbagi, saya bahagia karena 30/03 – 01/04 kami semua diundang untuk mengikuti acara Local Leaders Days di CICO Resort Bogor. Sekitar 70 relawan dari 30 kota di Indonesia berkumpul di sini untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan agar dapat mengembangkan Akademi Berbagi di kotanya masing-masing. Untuk akademi berbagi bisa di baca di sini dan salah satu kelas akademi berbagi pernah saya tulis di sini juga.

Di acara ini, semua relawan Akber mendapatkan sharing dari guru-guru yang hebat-hebat. Ada mbak Ollie dari AcerID friend, ada juga presentasi let’s colour dari Dulux dan dari indonesia exim bank. Mas Donny BU sharing tentang Social Entrepreneurship, bang Edwin SA berbagi tentang media sosial dan bang Aidil Akbar sharing tentang mengelola keuangan. Ada juga workshop narasi publik bersama mas Shafiq Pontoh, mbak Ainun Chomsun dan mbak Lucy Wiryono. Sementara malamnya ada kelas menulis bersama ndorokakung. Sharing ilmu ini sangat penting karena para relawan mendapatkan pengetahuan tentang cara mengelola keuangan, bagaimana cara mengelola media sosial dan bagaimana cara membuat narasi yang baik.

Di hari terakhir ada sesi yang mendiskusikan tentang bagaimana Akademi Berbagi di masa yang akan datang. sejujurnya menurut saya, waktu setengah hari untuk mendiskusikan soal ini masih kurang. seharusnya ada waktu satu hari penuh untuk mendiskusikan tentang akademi berbagi dan mengakrabkan diri dengan relawan sebanyak itu.

Tapi acaranya seru kok. saya mendapatkan starter pack XL dan pulsa 100 ribu karena berusaha melucu pas perkenalan dan gagal. nampaknya starter pack itu sebagai hiburan karena kegagalan saya melucu itu. Tempat menginapnya juga keren. Baru kali ini saya menginap di kabin dengan kamar mandi bersama seperti di resort ini. Benar-benar menyatu dengan alam, termasuk juga pengalaman pup bersama kodok. Ok, too much information :mrgreen:

Sepulang dari acara ini saya jadi punya banyak ide tentang bagaimana mengembangkan lagi Akber di kota Palembang dan di Sumatera karena saya ditunjuk juga untuk menjadi koordinator regional Sumatera *bakalan banyak jalan-jalan nih. yippiee *eh*. Salah satunya memperbaiki sistem dokumentasi yang saya akui masih kacau balau dan jangka panjangnya adalah lengser dari kepala sekolah Akber Palembang karena salah satu cara untuk mengembangkan Akber adalah dengan cara regenerasi.

Terima kasih kepada Akademi Berbagi yang sudah mewujudkan acara ini. Saya jadi bertemu dengan banyak orang-orang baik dari seluruh Indonesia di sini. Terima kasih kepada AcerID, LetColourID dari Dulux, Garuda Indonesia,Blue Bird Group, XL dan Internet Sehat yang sudah membantu terlaksananya acara ini.

Saya berharap tahun depan Local Leaders Days diadakan lagi. Di Singapura, mungkin?

PS: Foto hampir tidak ada karena saya fokus di live tweet dan menyimak materi yang diberikan selama kegiatan ini berlangsung.

Peserta Local Leaders Days

Bermain warna bersama Dulux

2 thoughts on “Local Leaders Days: Tiga Hari untuk Perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s